Sabtu, 06 Desember 2008

Foto-foto field trip Geologi Dasar





Keterangan Gambar:
1. batuan metamorf berupa marmer di daerah Bayat Klaten. Marmer ini terbentuk dari hasil proses metamorfisme (suhu dan tekanan tinggi) pada batuan asal berupa batuan karbonat (batugamping).
2. batuan metamorf berupa Filit-sekis dengan kandungan mika di daerah bayat klaten. Filit sekis ini terbentuk dari hasil porses metamorfisme pada batuan asal berupa batulempung maupun lanau dengan kandungan mika yg cukup banyak sehingga terlihat adanya kilauan mika pada batu filit-sekis tersebut.
3. batugamping nummulites di daerah watuprahu Bayat Klaten. Batuan sedimen ini terbentuk setelah proses metamorfisme, sehingga memiliki usia lebih muda dari batuan metamorfnya.
4. Kenampakan gores garis pada bidang sesar sebagai indikasi adanya sesar pada batuan tersebut.
5. Efek bakar pada batulempung karna adanya intrusi sill yang mengisi diantara lapisan batulempung tersebut.  Kenampakan ini berada di bayat Klaten.
6. Pelapukan membola pada batuan beku diorit di Bayat Klaten.

Mineral kalsit yang tumbuh pada tubuh batugamping di Bayat Klaten. Kalsit ini terbentuk setelah batu gamping terbentuk lebih dulu kemudian terjadi kekar yang akhirnya air hujan melarutkan material karbonatan pada batugamping hingga mengisi kekar-kekar yang ada pada tubuh batugamping tersebut. Mineral kalsit ini tumbuh tegak lurus terhadap bidang kekar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar